Pendahuluan
Branding adalah : Pengertian, Manfaat dan Contoh Branding – Siapa diantara kalian yang pernah mendengar istilah Branding ? Belakangan ini, kata branding cukup sering kita lihat dan dengar. Diberbagai media bahan bacaan seperti koran dan khususnya di internet ada banyak pihak yang menggaungkan kata tersebut.
Sering disebutkan nama nya, lalu apakah yang dimaksud dengan Branding itu ? Menjawab pertanyaan teman-teman semua, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Branding hingga manfaat dan contoh branding.
Pengertian Branding
Branding adalah sebuah upaya menciptakan kesan positif dan baik sebuah merk dari bisnis, agar mendapatkan tempat khusus dihati pelanggan maupun pengguna produk dari merk tersebut.
Branding sendiri berasal dari berasal dari kata dasar ‘brand’ yang berarti merk. Penyebutan kata branding kemudian dapat dimaknakan sebagai upaya seseorang untuk dapat meningkatkan citra baik dan positif sebuah merk dihadapan para pelanggan maupun pengguna jasa merk itu tadi.
Branding sendiri memiliki beragam tujuan yang baik, dimana salah satu nya adalah sebagai strategi pemasaran agar dapat meyakinkan seseorang terhadap sebuah merk, membuat orang percaya hingga menjadi pelanggan tetap pada sebuah merk yang sebelumnya pernah digunakan oleh seseorang.
Baca Juga : Lakukan 5 Hal Ini Agar Usaha Cepat Berkembang
Manfaat Branding
Apakah branding dalam sebuah usaha penting? Jawabannya adalah iya. Keberhasilan sebuah merk bisnis maupun usaha dalam strategi branding mereka, akan berpengaruh besar terhadap kelangsungan bisnis tersebut dalam jangka yang panjang.
Branding dibuat agar ketika seseorang mendengar suatu nama merk usaha maupun produk, langsung mengerti apa usaha dan jenis seperti apa produk yang ia dengar.
Jika sebuah merk telah mencapai level tersebut, maka dapat dikatakan bahwa merk tersebut sudah berhasil menjalankan strategi branding mereka.
Contoh Branding
Tanpa kita sadari, sebenarnya ada banyak sekali contoh keberhasilan penerapan branding pada berbagai merk usaha dan produk yang ada disekitar kita.
Misal salah satunya adalah merk AQUA. Siapa yang tak kenal dengan merk tersebut. Sebuah merk air minum dalam kemasan yang telah menjangkau banyak pelanggan nya di seluruh Indonesia. Jika kamu pernah secara tidak sadar mengatakan ‘tolong belikan AQUA, dong. Aku haus’ kepada temanmu, maka itu adalah contoh nyata bagaimana strategi branding telah berhasil membuat kamu berpikir bahwa AQUA adalah air minum dalam kemasan. Padahal AQUA sendiri merupakan sebuah merk daripada perusahaan air minum dalam kemasan.
Jasa Branding Terbaik
Meski terdengar cukup mudah, namun pada faktanya membuat sebuah strategi branding usaha tidak lah segampang yang kita kira. Dibutuhkan pemahaman, pengalaman dan kemampuan khusus agar dapat menciptakan strategi yang memang tepat dan mempunyai potensi keberhasilan yang besar.
Belakangan ini, ada solusi kebutuhan branding yang dapat kita manfaatkan. Seorang pemilik usaha tidak lagi perlu repot-repot untuk mempersiapkan segala sesuatunya, jika menggunakan Jasa Branding Terbaik yang tentunya telah berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang bagus.
Salah satu agensi jasa branding terbaik adalah Fortune Kreatif Indonesia, dengan tim profesional muda yang ahli dibidangnya masing-masing, tentunya dapat diandalkan untuk urusan branding terbaik bisnis dan usaha.
Penutup
Itu dia tulisan tentang Branding adalah : Pengertian, Manfaat dan Contoh Branding yang bisa admin bagikan kali ini. Jadi jika kamu mendengar kata branding, tidak perlu bingung lagi ya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.